Minggu, 11 November 2012

Teknologi AI(Artificial Intelligence)diterapkan Pada Robotika Dan Elektronika

Istilah kecerdasan buatan menurut pencetusnya (John McCarthy, 1956) bermakna ilmu dan teknik pembuatan mesin cerdas. Beberapa buku tentang AI memaknai istilah cerdas ini sebagai penelaahan dan perancangan sistem yang dapat memahami lingkungannya (berdasar pembacaan data dari piranti pengindera) dan menentukan tanggapan (berdasar pada fungsi pembelajaran yang dapat menemukan pengetahuan) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan fungsi kekangan.


Saat ini, perkembangan teknologi kecerdasan buatan telah digunakan di berbagai bidang dengan bermacam bentukan, yang semuanya berusaha untuk membuat suatu program komputer yang dapat berperilaku seperti yang dilakukan oleh pikiran manusia dengan tingkat sensitifitas yang lebih baik daripada computer yang ada pada saat ini,. Kecerdasan berarti kemampuan untuk berpikir, berpengetahuan, bertindak, dan berkomunikasi.Untuk bisa menggolongkan suatu sistem memiliki kecerdasan buatan dibutuhkan batasan yang jelas tentang kemampuannya. Persoalan utamanya adalah bagaimana menguji kemampuan berpikir dan berpengetahuan atas suatu system
Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer)agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan Manusia.Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), Logika Fuzzy.jaringan Syaraf Tiruan dan Robotika.
Berbicara tentang robot tidak lepas dengan yang disebut AI atau Artificial Intelegence., AI adalah kemampuan berpikir yang dibuat sendiri oleh manusia untuk diletakan pada sebuah benda elektronik. Yang paling banyak menerapkan AI adalah dunia robotika. Sehingga rasanya tidak lengkap bila membicarakan robot tanpa membicarakan AI.
AI bukanlah sebuah perangkat tambahan pada robot. Bentuknya lebih menyerupai program yang sangat kompleks yang terdapat dalam system kendali sebuah robot. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam robotik adalah suatu algorithma (yang dipandang) cerdas yang diprogramkan ke dalam kontroler robot.
Dengan adanya AI, maka sebuah robot dapat berpikir menyerupai manusia normal. Meskipun kesempurnaannya belum dapat sepenuhnya menyerupai manusia.
Dalam tubuh manusia terdapat ribuan urat saraf yang terhubung dalam pusat otak. Sehingga manusia tidak hanya memiliki kemampuan mengindera, mengingat, dan mengambil keputusan. Namun, kemampuan hidup manusia juga dapat berkembang dengan pesat dengan adanya ribuan saraf dalam otak ini. AI mencoba untuk memahami ini semua. Namun, tentu bukanlah hal yang mudah. Masih butuh waktu yang sangat panjang.
Beberapa kemampuan sudah dicoba untuk diterapkan. Misalnya kemampuan mengingat sesuatu yang membuat robot selalu dilengkapi dengan HDD seperti layaknya komputer dan mengakses data secara otomatis. Kemampuan mengindera dengan menggunakan sekian banyak sensor untuk dapat mengenali lingkungan sekitar, termasuk dari dalam diri robot itu sendiri. Kemudian yang terakhir yang agak sulit yaitu menerapkan kemampuan mengambil keputusan.
Parameter berpikir yang sangat luas yang dimiliki oleh manusia membuat ilmuwan agak kerepotan dalam menentukan kemungkinan-kemungkinan yang dapat dihitung oleh sebuah robot. Meskipun bukan berarti tidak mungkin.
Untuk kebutuhan yang sangat spesifik, pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sebuah robot yang dilengkapi AI dapat saja lebih baik dari manusia awam. Seperti komputer catur yang melawan atlit catur dunia beberapa tahun lalu. Komputer tersebut dapat menentukan jalan yang belum tentu dapat dilakukan atau terpikirkan oleh manusia biasa.
Perkembangan teknologi yang memungkinkan sebuah komputer dapat dengan lancar berkomunikasi dengan manusia telah berkembang sangat jauh. Meskipun tidak sehebat perkembangan motorik yang dapat dilakukan oleh robot. Namun setidaknya, mengalami perkembangan yang sangat positif. Misalnya saja, saat ini bila Anda membeli sebuah robot Aibo keluaran Sony. Maka Anda dapat memberikan 100 lebih macam perintah pada anjing elektrik tersebut dengan suara Anda. Meskipun kemungkinan si anjing pintar tersebut menuruti perintah Anda sangat tipis. Tapi, ia dapat mengerti apa yang Anda katakana
Ketika robot kerap kali mendatangkan pertentangan di negara Barat, karena adanya kemungkinan mereka dapat menggantikan manusia di masa depan atau akan mengakibatkan emosi palsu, masyarakat Jepang secara umum malah memperlihatkan antusiasme tinggi terhadap segala jenis robot. Beberapa manga dan anime seperti astroboy mungkin memiliki konstribusi paling penting dalam pembentukan perspektif positif masyarakat Jepang terhadap robot.
Berikut merupakan perkembangan robot di Jepang di modern :
Cikal bakal robot di Jepang telah ada sejak zaman Edo[1603-1867] yaitu sebuah boneka mekanik yang dikenal sebagai Karakuri Ningyo. Robot mulai benar-benar dikembangkan di Jepang sejak tahun 1973,oleh Professor Ichiro Kato dari universitas Waseda. Selain itu juga masih terdapat robot yang bermunculan, diantaranya ;
Asimo
Asimo adalah robot humanoid yang diciptakan oleh Honda Motor Company. Tingginya 130 cm dengan berat 54 kg. Menyerupai astronot kecil yang membawa backpack dan bisa berjalan di atas dua kaki dengan kecepetan 6km/jam. Secara resmi, nama Asimo merupakan akronim dari advance Step in Innovative Mobility. Menurut pernyataan resmi Honda pemberian nama tersebut tidak ada hubungannya dengan nama penulis science fiction dana penemu Three Laws of Robotics, Isaac Asimov.
Selama 2007,telah ada 46 unit Asimo. Per unitnya dibuat dana mendekati satu juta US dolar, dan beberapa unit bisa disewa dengan biaya 166.000 US dolar per tahun. Asimo bisa memberi respon bila namanya dipanggil, menatap wajah seorang yang sedang mengajaknya bicara dan mengenali secara cepat bunyi benda jatuh atau benturan dan menghadap kearah asal suara. Asimo dapat mengenali wajah seseorang, meskipun ia atau orang tersebut sedang bergerak. Asimo dapat mengenali kira-kira 10 orang yang namanya sudah didaftarkan dan dapat memberikan salam kepada pengunjung yang datang dan memberi informasi atas kedatangan seseorang dengan mentransmisikan pesan dan foto pengunjung serta dapat membimbing pengunjung ke tempat yang telah ditentukan.
Actroid
Actroid adalah robot humanoid dengan tampilan menyerupai manusia yang sesungguhnya dikembangkan oleh universitas Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company Ltd.[disvisi animatorik Sanrio] Diperkenalkan pertama kali pada International Robot Exposition tahun 2003 di Tokyo,Jepang.
.
Lain Aibo lain pula dengan Asimo, robot berbentuk menyerupai astronot buatan Honda. Robot yang merupakan kepanjangan dari Advanced Step in Innovative Mobility ini memiliki kemampuan kominikasi yanglebih canggih. Ia tidak hanya dapat bereaksi ketika namanya dipanggil, namun ia juga dapat mengerti jenis suara lain selain suara manusia, serta bereaksi terhadapnya. Misalnya ketika mendengar ada sesuatu yang jatuh atau tertabrak ia tidak hanya dapat mengerti apa yang sedang terjadi, namun dapat langsung bereaksi dengan menengok ke arah suara tersebut.Kemampuan komunikasi tersebut sering disebut juga dengan sebutan danya Artificial Intelegent (kecerdasan buatan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar